apa itu xamarin

Kelebihan Framework Xamarin – pada kesempatan kali ini, kita masih akan membahas seputar apps development. Jika sebelumnya kita mengulas sedikit tentang framework Ionic, maka pada artikel kali ini, kita juga masih akan membahas salah satu framework serupa yang berhubungan dengan apps atau mobile development yaitu Xamarin yang bersifat hybrid apps.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, apakah temen-temen disini sudah tahu apa itu Xamarin? Xamarin merupakan perusahaan perangkat lunak berbasis San Fransisco milik Microsoft yang didirikan pada Mei 2011 oleh para insinyur yang membuat Mono, Xamarin. Nama Xamarin sendiri berasal dari nama monyet Tamarin, menggantikan T dengan X. Hal ini sejalan dengan tema penamaan yang digunakan sejak Ximian dimulai. Pada awal tahun 2016, Microsoft mengumumkan telah menandatangani perjanjian definitif untuk mengakuisisi Xamarin.

Apa itu Xamarin?

Xamarin adalah tools atau framework pengembangan lintas platform (cross platform) yang dapat membangun aplikasi iOS dan Android asli, serta aplikasi Windows dan Mac dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Perusahaan juga mengizinkan pengembang menguji aplikasi pada ratusan perangkat melalui layanan Xamarin Cloud, menawarkan Xamarin Studio IDE miliknya sendiri, bahkan menjalankan kelas online langsung dengan program Universitas Xamarin.

Xamarin sangat bagus bagi anda yang sudah terbiasa dengan menggunakan bahasa pemrograman dasar seperti C++ atau bahasa microsoft lainnya seperti (C# dan ASP.Net). Xamarin merupakan framework open source. Selain itu, Xamarin memungkinkan pembuatan aplikasi mobile dengan mudah dan cepat yang bisa digunakan di berbagai sistem operasi.

Performa Xamarin untuk pengembangan aplikasi mobile sangat baik. Bahkan banyak perusahaan besar terkenal telah menggunakan Xamarin. Seperti Bosch, Siemens, Slack, Pinterest, dan masih banyak lagi, anda bisa melihat semua disini. Hal ini membuktikan bahwa Xamarin mampu memberikan solusi dimana platform ini sangat bagus dan efektif digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile.

10 Kelebihan Xamarin untuk Apps Development

Setelah anda mengetahui apa itu xamarin, alangkah baiknya anda juga mengenali beberapa kelebihan xamarin berikut ini yang notabene membuat xamarin disukai banyak perusahaan – perusahaan besar. Berikut ini beberapa kelebihan atau keunggulan yang akan anda dapatkan jika anda menggunakan Xamarin dalam mengembangakan aplikasi.

Baca juga :  Mengatasi "PAGE ACTIONS ARE TEMPORARILY DISABLED" Pada Google Search Console

1. Native user experience

Xamarin memiliki akses penuh ke API dan toolkit native yang digunakan oleh platform android, iOS, dan Windows. Sehingga, hal ini dapat berguna untuk memberikan desain dan kinerja yang bagus seperti aplikasi native biasanya. Xamarin bersifat nativeness dimana memungkinkan penggunaan elemen dan teknologi khusu platform yang tersedia di C# dan IDE Visual Studio seperti:

  • Xamarin.android dan Xamarin.iOS yang memberi pengembang .NET akses untuk menggunakan SDK android dan iOS.
  • Library Xamarin.essentials menyediakan akses ke API native.
  • Xamarin.forms mengekpos toolkit antarmuka pengguna (UI) untuk semua platform seluler.

Dengan demikian, anda dapat memanfaatkan semua elemen dalam satu platform yang merupakan sebuah solusi dalam menangani antarmuka khusus platform tertentu.

2. Satu teknologi untuk semua platform

Salah satu kelebihan utama menggunakan pengembangan aplikasi cross-platform Xamarin adalah memudahkan kita untuk memasang satu aplikasi pada semua platform yang ada. Xamarin menggunakan bahasa C# yang dapat berjalan di berbagai platform. Selain itu, anda tidak perlu beralih antar lingkungan platform untuk menciptakan aplikasi yang sama. Hal ini tentunya membuat pengembangan menjadi lebih hemat dan efektif dalam segi waktu.

Kode Xamarin dapat dibagikan (shareable code) yang sering disebut sebagai platform pengembangan “write once, use everywhere”. Kode Xamarin bersifat reusable, artinya kode yang dapat digunakan kembali untuk elemen-elemen lain yang akan dibuat. Saat ini banyak IDE kelas dunia seperti Visual Code yang memungkinkan anda mendapatkan fitur lengkap dan dapat diperluas di windows. VS code menawarkan desainer UI, pengeditan kode yang efisien, alat debugging dan penerbitan, dan banyak lagi.

3. Menghemat waktu dan biaya (time and cost saving)

Xamarin merupakan framework untuk mengembangkan aplikasi mobile cross platform yang dapat digunakan di windows, mac, maupun linux. Anda hanya perlu membuat kode sekali dan aplikasi anda dapat di build di platform manapun. Anda tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman lain untuk aplikasi anda sesuai OS platform tertentu seperti kotlin atau java pada android dan Swift pada iOS. Karena semuanya ditulis dalam C# dan dalam kerangka .NET. Hal ini tentunya akan menghemat biaya pengeluaran dan waktu pengembangan menjadi lebih cepat. Artinya, tidak diperlukan tim terpisah yang mengerjakan aplikasi. Pengembangan, pengujian, dan penerapan disederhanakan secara signifikan yang dilakukan oleh tim.

Baca juga :  10 Kelebihan Framework Django yang Harus Kamu Ketahui

4. Percepat pengembangan aplikasi seluler anda

Temukan mitra konsultasi bersertifikat untuk memberikan solusi seluler menggunakan Xamarin untuk membantu anda membawa solusi seluler menggunakan Xamarin untuk membantu anda membawa bisnis anda bergerak dan meningkatkannya dengan Visual Studio dan Xamarin, serta membangun solusi seluler berkualitas lebih tinggi. Mitra strategis jangka panjang adalah ahli seluler yang dapat memandu anda melalui setiap tahap siklus hidup aplikasi dan akan membantu anda merancanga, mengembangkan, dan menguji aplikasi seluler lintas platform berkinerja tinggi.

5. Proses maintenance yang sederhana

Sangat mudah untuk memelihara (maintenance) aplikasi yang dikembangkan dengan Xamarin. Jika anda ingin memperbarui aplikasi dan memperbaiki beberapa masalah, langsung lakukan saja pada source code, dan semua perubahan akan diterapkan secara otomatis ke bagian lain. Tentu saja, hal ini akan menghemat waktu anda, keterlibatan pengembang lain, dan mengurangi pengeluaran keuangan untuk memperbaiki masalah. Terlebih lagi, komunitas Xamarin selalu menyediakan dukungan atau bantuan yang komprehensif yang didukung dengan dokumentasi dan peluang pelatihan yang terorganisir dengan baik.

6. Performa Aplikasi

Aplikasi yang dihasilkan oleh Xamarin ini dapat di identifikasikan sebagai aplikasi hybrid, dan untuk performa aplikasi yang dihasilkan bisa mendekati aplikasi native. Bahkan, dalam beberapa kasus khusus mampu melebihi performa aplikasi native. Namun jika anda ingin kecepatan dan pemrosesan yang lebih baik, maka sudah pasti disaranka menggunakan teknologi native. Selain itu, apabila anda menggunakan Xamarin, jangan khawatir, karena Xamarin memilki suatu teknologi yang bernama sweet pot yang berguna untuk mengukur kemampuan performa suatu aplikasi.

7. Testing

Xamarin menawarkan solusi komprehansif untuk menguji adan memantau kinerja aplikasi dan UI yang dapat dilakukan menggunakan fitur Xamarin test cloud dan Xamarin test recorder. Tools ini memungkinkan anda menjalankan pengujian otomatis pada beberapa perangkat nyata di cloud dan menemukan berbagai masalah teknis sebelum rilis.

8. Technical Support by Microsoft

Xamarin mampu menjamin stabilitas, dukungan teknis berkelanjutan, dan mampu menangani berbagai permasalahan dengan cepat. Karena, salah adanya salah satu perusahaan perangakat lunak teknologi terkemuka dunia mendukung framework satu ini. Selain itu, Microsoft juga menyediakan akses ke peluang pendidikan yang kuat, termasuk kursus Xamarin, dan beberapa media pembelajaran teknologi resmi Microsoft (Microsoft Learn).

9. Memanfaatkan kekuatan cloud dengan Azure

Anda dapat membuat aplikasi mobile cerdas berbasis cloud yang dapat berkembanga seiring dengan pertumbuhan pengguna anda. Gunakan .NET Core dengan Visual Studio untuk membuat API dan alur kerja tanpa server yang dapat merespons peristiwa pengguna dan menjangkau audiens global dengan menekan sebuah tombol. Integrasikan kemampuan pembelajaran mesin dan tambahkan bot untuk pengalaman pengguna yang lebih interaktif, Semuanya dibuat dengan .NET dan Visual Studio untuk Mac.

Baca juga :  Apa itu NodeJs? Pengenalan NodeJs Lengkap

10. Dukungan perangkat keras

Dengan menggunakan framework ini, anda dapat menggunakan suatu fungsional pada level native. Maka hal ini dapat mengurangi suatu permasalahan dalam kompatibilitas, dengan menggunakan plugin API spesifik untuk menyelesaikan permasalahan dalam mengakses perangkat keras pada suatu aplikasi cross-platform.

Kesimpulan dan penutup

Dimasa sekarang ini penggunaan aplikasi mobile memiliki rating tertinggi diseluruh dunia daripada penggunaan aplikasi web maupun dekstop. Sehingga hal ini membuat kebutuhan pengembangan perangkat lunak berbasis mobile programming sangat tinggi. Untuk mengembangkan aplikasi mobile anda dapat menggunakan framework maupun native seperti biasa. Xamarin hadir memberikan solusi untuk penanganan masalah kebutuhan pengembangan aplikasi mobile. Xamarin dapat dijalankan di berbagai OS seperti Windows, Mac, maupun Linux. Banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan Xamarin. Hal ini menandakan Xamarin merupakan framework yang cukup rekomended untuk digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile.

Berbicara mengenai framework aplikasi mobile, selain Xamarin, anda juga bisa menggunakan Ionic, Flutter yang dikembangkan langsung oleh Google, dan React Native yang dikembangkan oleh Facebook. Saya rasa cukup sekian yang dapat caraguna share pada pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, atau ada yang kurang jelas, silahkan komen pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 1 / 5. Jumlah vote: 1

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Nov 26, 2020